Jumat, 04 Juni 2010

Bangkit Bersama dan Berbagi


Bismillahirohmanirrohim......,

Semangat mengeratkan tali silaturahmi dan meneguhkan persaudaraan antar sesama Alumni SMANiM'85 adalah energi yang tidak pernah habis membakar motivasi kita untuk terus mewujudkan kebersamaan itu.

Ketika pertemuan pertama dalam mempersiapkan reuni perak tanggal 25 Desember 2009, di Indramayu, tepatnya di kediaman saudari kita Lia Eliyana (yang kemudian tempat tersebut menjadi sekretariat panitia reuni perak 2010) tercetus pemikiran untuk membuat suatu kegiatan pasca reuni yang menarik minat alumni untuk kembali berkumpul, berkarya dan berbagi dalam semangat kekeluargaan, mensinergikan seluruh potensi yang dimiliki alumni SMANiM85 dengan tetap memperhatikan kepentingan masing-masing dan kepentingan masyarakat sekitar.

Dalam pertemuan tersebut, semua hadirin sepakat bahwa memang kita perlu berbuat sesuatu. Ide-ide brilian bermunculan, berbagai usulan kreatif ditampung, kemudian akhirnya diendapkan dan dianalisa.

Diskusi panjang, tajam dan cerdas telah dilakukan secara simultan, baik di Jabotabek maupun di Indramayu.

Setiap usulan dan pendapat kita pelajari satu per satu, dan ternyata kita menemukan satu "titik" yang merupakan muara ide-ide kreatif tersebut, dan titik itu adalah bahwa kita perlu membuat suatu usaha yang profit oriented, dapat membantu anggota SMANiM85 dan keluarganya yang sedang mempunyai masalah keuangan, membantu pemberdayaan anggota SMANiM85 agar dapat meningkatkan taraf kehidupannya, membantu sebanyak mungkin masyarakat Indramayu dan sekitarnya dalam hal pembiayaan usaha mikro dan kecil agar usahanya meningkat dan maju, serta merupakan ladang amal ibadah yang barokah.

Adalah saudara kita Utuy (Yanyan Tuyani) yang mencetuskan kepada saya, apakah mendirikan BMT (Baitul Mal wat Tamwil) adalah salah satu alternatif usaha yang sesuai dengan aspirasi dari "titik" muara ide itu ? spotan saya menjawab, mungkin ! dan saya akan pelajari.

Diskusi panjang, tajam dan cerdas kembali dilakukan di Jabotabek maupun di Indramayu. Bersama dengan M. Eka Suyasa dan Wibisana Toersetiyadi, saya memelihara semangat mewujudkan cita-cita dan amanat untuk menelusuri kemungkinan BMT dijalankan sebagai alternatif usaha.

Akhirnya, dengan segala do'a, dorongan semangat, bantuan moriel & materil yang diberikan semua pihak kepada kami berempat (Utuy, Eka, Wibi & saya), maka pada tanggal 30 Mei 2010 dini hari, bertepatan dengan rapat persiapan reuni perak ke-7 di rumah Chaerul Anam, kita telah lakukan sosialisasi awal dan terbatas mengenai BMT ini.

BMT yang kita gagas kita beri nama : SUMBER AYU, yang merupakan singkatan dari SUMbangan BERsama Alumni smanim85 indramaYU

BMT Sumber Ayu telah terbentuk, mari kita satukan langkah, rapatkan barisan, sumbangkan ilmu untuk kemajuan bersama. Semoga menjadi bagian dari rahmatan lil 'alamin.

Semangat Alumni SMANiM85 adalah semangat untuk "bangkit bersama dan berbagi". Semoga barokah dan bermanfaat, amin. (Adhe R. Saptadjie-Cileungsi Bogor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar